Monday, May 21, 2012

Inilah 25 Klub Dengan 'Brand Value' Terbaik

Bagikan ke teman

Bagikan ke teman

Kendati mengakhiri musim 2011/12 tanpa satu pun trofi juara, posisi Manchester United sebagai klub sepakbola dengan brand value terbaik belum tergoyahkan.

Dengan market price senilai €672,9 juta pada 2012, The Brand Finance Football 50 kembali menempatkan Setan Merah di peringkat teratas, posisi yang juga mereka duduki tahun lalu. Skuad Sir Alex Ferguson unggul jauh dari rival sekota, Manchester City, yang "cuma" menghuni urutan kedelapan walau sukses menjuarai Liga Primer Inggris.


Sementara itu, meski kalah dari Chelsea di final Liga Champions, Sabtu (19/5) lalu, Bayern Munich ternyata mengalami pertumbuhan nilai terbesar dalam urusan brand value di antara klub lainnya. Dengan lonjakan €230,3 juta, The Bavarians mengambil alih posisi kedua yang sebelumnya dipegang Real Madrid.

Namun begitu, analis Sports Brand Valuation, Matt Hanagan, memperingatkan raksasa Bundesliga itu agar segera memperluas market mereka jika tak ingin kembali turun. "Bayern mesti mulai membangun brand mereka dalam pasar yang lebih luas atau mereka akan tertinggal jika terlalu mengandalkan pada basis fans domestik."

David Haigh, CEO Brand Finance, menambahkan: "Dua tim teratas mengoperasikan strategi pemasaran berbeda. Bayern lebih memprioritaskan basis fans domestik, sedangkan United berkonsentrasi pada pasar global."

Pada sisi lain, duo elite Spanyol, Real Madrid dan Barcelona, sepertinya sangat terpengaruh oleh kondisi ekonomi domestik negara mereka, dengan tingkat pengangguran yang meninggi berujung pada menurunnya pemasukan tiket dan arus pemasukan utama yang lain. Alhasil, sepasang pelakon el clasico itu sama-sama terjatuh satu peringkat.

Berkat raihan trofi Liga Champions dan Piala FA, Chelsea tetap di urutan kelima kendati kurang mengesankan di Liga Primer. Yang menarik, dalam daftar ini ternyata hanya ada satu wakil Italia, yaitu AC Milan, di posisi sepuluh besar.

"Hasil studi tahun ini menunjukkan bahwa bahkan sepakbola pun tak kebal terhadap krisis Euro, dengan tim-tim dari Spanyol dan Italia merasakan dampak terbesar," jelas Haigh.

Kampiun Eredivisie Belanda, Ajax Amsterdam, adalah tim pertama yang muncul selain dari empat liga terbesar Eropa. Dengan brand value €144,6 juta, De Godenzonen berdiri di peringkat ke-14. Sementara duet Ligue 1 Prancis, Olympique Marseille dan Olympique Lyon, berhasil menembus 20 besar, masing-masing di posisi ke-15 dan 18.


25 KLUB DENGAN BRAND VALUE TERBAIK PADA 2012
RANK. 2012 RANK. 2011 KLUB LIGA BRAND VALUE PERUBAHAN NILAI
1 1 Man Utd Inggris €672,9 juta 29 %
2
4 Bayern Jerman €617,9 juta 59 %
3 2 Real Madrid Spanyol €471,7 juta -7 %
4 3 Barcelona Spanyol €455,9 juta -8 %
5 5 Chelsea Inggris €312,9 juta 27 %
6 6 Arsenal Inggris €305 juta 29 %
7 9 Liverpool Inggris €288,5 juta 47 %
8 11 Man City Inggris €237,4 juta 77 %
9 7 Milan Italia €229,5 juta 7 %
10 12 Schalke Jerman €209,1 juta 97 %
11 15  Dortmund Jerman  €178,4 juta  81 %
12  14  Tottenham Inggris  €176,8 juta  77 %
13  8  Inter Italia €169 juta -18 %
14  23  Ajax  Belanda €144,6 juta  150 %
15  17  Marseille  Prancis  €132,1 juta  41 %
16 10  Juventus Italia €125,8 juta  -13 %
17  13  Hamburg Jerman €120,3 juta 14 %
18  16  Lyon  Prancis  €94,3 juta  -1 %
19  25 Aston Villa Inggris   €68,4 juta 27 %
20  BARU  Newcastle Inggris   €67,6 juta 115 %
21  18  Roma Italia  €66,8 juta -16 %
22  24  Napoli Italia  €66,8 juta  22 %
23  27  Everton Inggris   €62,1 juta  28 %
24  BARU  Corinthians  Brasil  €60,5 juta  BARU
25  22  Bordeaux  Prancis €59,7 juta -2 %


Sumber : Goal.com

Artikel Terkait:

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Memed Darlovers di inbox anda:

0 Comments
Tweets
Komentar

0 comments :

Post a Comment

Terima Kasih atas komentar teman-teman
Dilarang mengunakan segala bentuk link, kata-kata kasar, menyinggung teman dll karena itu merupakan SPAM.
Apabila ada kata SPAM komentar akan saya hapus