Sunday, April 15, 2012

Mengatur mimpi lewat aplikasi iPhone

Bagikan ke teman

Bagikan ke teman

Dengan teknologi, hal-hal yang sebelumnya mustahil menjadi mungkin untuk dilakukan, misalnya saja mengatur mimpi. Para peneliti di Inggris telah mengembangkan aplikasi ponsel yang diklaim bisa membantu seseorang menciptakan mimpi yang sempurna sesuai keinginan mereka.

Caranya dengan memainkan kombinasi suara yang menggambarkan nuansa alam. Suara-suara tersebut dipercaya bisa memengaruhi pikiran manusia saat tidur.

Pengguna aplikasi bisa memilih scene bernuansa pedesaan yang tenang, kesibukan lalu lintas bahkan petualangan dramatis di luar angkasa. Mungkin terdengar seperti permainan belaka, namun Professor Richard Wiseman, yang membantu pengembangan program percaya bahwa aplikasi ini bisa membantu mengobati orang yang depresi atau memiliki gangguan tidur.

Para psikolog dari The Hertfordshire University, Inggris, berencana mengumpulkan rekaman dari ribuan pengguna aplikasi sebagai bagian dari eksperimen untuk ditunjukkan dalam Edinburgh International Science Festival. Penelitian mereka ingin menunjukkan bahwa mimpi bisa dipengaruhi dengan mudah.

Untuk mendapatkan mimpi yang diinginkan, sebelum tidur pengguna harus mengatur pukul berapa mereka akan bangun pagi. Mereka juga harus memilih 'skenario mimpi' yang ingin digunakan. Lalu ponsel diletakkan dengan posisi layar menghadap ke kasur, dekat dengan posisi mereka tidur. Aplikasi ini menggunakan sensor gerak untuk mendeteksi kapan si pengguna bermimpi.

Saat tidur, manusia melewati tiga tahapan tidur. Selama tahap pertama dan kedua (menjelang tidur dan tidur nyenyak), kita akan gelisah di tempat tidur. Begitu tahap rapid eye movement (REM sleep) --waktu di mana kita bermimpi-- otak melumpuhkan tubuh sehingga kita tidak bisa 'keluar' dari mimpi dan melukai diri sendiri.

Aplikasi ini akan menunggu sampai tahapan REM sleep terakhir, lalu memainkan suara yang sudah dipilih sebelum waktu bangun yang diatur pengguna saat akan tidur tadi. Ketika sudah selesai bermimpi, aplikasi akan membangunkan pengguna dalam satu menit, untuk meningkatkan daya ingat terhadap mimpi yang dialaminya saat tidur.

Beberapa jenis suara bahkan dirancang untuk memicu terjadinya 'lucid dreaming', di mana pengguna sadar dirinya sedang bermimpi dan bisa memengaruhi apa yang terjadi (dalam mimpi).

Aplikasi yang diberi nama 'Dream: ON' ini bisa didownload secara gratis bagi pengguna iPhone. Sementara untuk versi Android, baru akan diluncurkan akhir tahun ini.

Sumber : Waspada.co.id

Artikel Terkait:

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Memed Darlovers di inbox anda:

0 Comments
Tweets
Komentar

0 comments :

Post a Comment

Terima Kasih atas komentar teman-teman
Dilarang mengunakan segala bentuk link, kata-kata kasar, menyinggung teman dll karena itu merupakan SPAM.
Apabila ada kata SPAM komentar akan saya hapus